Tuesday, June 24, 2014

Kunjungan Observasi TVRI Aceh



INILAH TVRI ACEH YANG SELAMA INI KITA KENAL

Zikrullah/ 411106191

Foto Bareng bersama dengan Staf TVRI dihalaman Gedung
Jum'at 20/06. ( Foto : Zikrullah)

Banda Aceh, Mahasiswa Fakultas dakwah jurusan KPI UNIT 1 dan 2 UIN Ar-Raniry berkunjung bersama dengan pembimbing ke station TV Negara TVRI Jum’at 20/06. Kujungan tersebut di lakukan  dalam ranka Studi Observasi, yang di dampingi langsung oleh Bapak Taufik sebagai dosen pemimbing mata kuliah Perkembangan Teknologi Komuniksi dan juga sebagai seketariat Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam.
TVRI Aceh itu sendiri berdiri sejak tahun 1962 pada saat Sea Game ke dua. Pada zaman dulu TVRI Aceh masih dibawah pemerintah, dan penayanganpun harus berhubungan dengan pemerintah itu sendiri. Sekarang TVRI sudah menjadi milik Negara bukan permerintah. Kata seorang Staf di TVRI. Sekarang TVRI jika pemerintah salah kita boleh kritik pemerintah jika. karena TVRI sifatnya indenpenden dan netral.
Ruang Lingkup TVRI Aceh itu sendiri dalam bidang informasi, pendidikan, hiburan, budaya. Segment acara TVRI adalah anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, dalam menayangkan pogram tersebut melihat segmen-egmentnya masing-masing atau melihat waktu-waktu tertentu. TVRI Aceh ini sendiri merupakan TV stasiun cangkok dari pusat atau kerja sama dengan pusat dan jam tayangnya dibatasi, tujuanTVRI Aceh ini untuk mengangkat kebudayaan Aceh, karena di Aceh banyak ragamnya budaya, dan di Aceh juga terkenal yang namanya Negeri Syari’at. Maka dari itu TVRI Aceh berfikir untuk membudayakan adat yang ada di Aceh.
Seorang perempuan sedang melakukan siaran berita diruang penyiaran
 Jum'at 20/06 .(Foto Zikrullah)

Mahasiswa sedang melihat berapa staf TVRI yang sedang melakukan
pemograman siaran Jum'at 20/06. (Foto : Zikrullah )
TVRI Aceh aceh tersendiri memiliki lima daerah kontri botor Antara lain : Banda Aceh,   Aceh Barat, Nagan Raya,  Aceh Utara,  Aceh Tenggara. Dalam Proses penyiaran berita di TVRI Aceh, Ada ruang khusus disiapkan dan di dalam rungan yang tidak bisa kedengaran suara dari luar ruangan tersebut, dalam rungan di sediakan TV besar dilihat gambar atau berita yang di siarkan dan TV kecil untuk melihat gambar sediri bagi pembawa acara/berita. Kamera disediakan dua dengan berbeda frem gambar
Dalam Semua yang ingin diproduksi Pak Irwan menjelaskan adanya Proses editing, dalam proses editing tersebut ada dua point, pertama ada editing linier ialah bentuk editingnya butuh waktu yang panjang, proses editing linier ini biasanya di gunakan utuk berita staigh news, dan berita-berita lain. Yang kedua editing non linier yaitu paket yang panjang biasa digunakan untuk sinetron, film dan lain sebagainya.





No comments:

Post a Comment